alderine

Sepatah Kata

Victor Hugo – Les Miserables (1862)

leave a comment »

Cover buku yang saya baca

Buku ini saya baca selain karena ada di list 1001 Books You Must Read Before You Die, juga karena kakak saya punya. Saya baru menapaki novel-novel dalam bahasa Inggris sejak SMA, sedangkan kakak saya memiliki buku ini sejak dia SMA, saat saya masih kelas 4 SD. Dan baru berjodoh lagi sekarang 🙂

Victor Hugo membuat buku ini dalam bahasa Prancis, kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Versi Bahasa Inggris inilah yang saya baca. Meskipun sudah diterjemahkan, taste dari sastranya tidak hilang, setidaknya begitu yang saya dapatkan dari membaca buku versi ini.

Saya ingin meralat penggunaan kata ‘diterjemahkan’ pada paragraf sebelumnya. Karena taste sastra yang masih kuat melekat, saya rasa Norman Denny bukan hanya sekedar menerjemahkan. Mengalihbahasakan, atau mungkin mentransliterasikan, karena rasa sastranya masih kuat melekat.

Hugo’s epic tale of social injustices, politics, heroism, and love is a towering work of Western literature.

Begitulah yang ditulis di cover belakang buku ini.

Buku ini memiliki banyak sekali plot cerita. Berbagai plot tersebut saling sambung-menyambung seperti novel yang berkelanjutan. Bahasa yang digunakan sangat indah, meskipun dalam bahasa lain, dapat membuat saya membayangkan keseluruhan cerita dalam sebuah drama di kepala.

Dengan plot yang bermacam-macam dan memiliki sangat banyak twist, buku ini membuat saya tidak sabar untuk segera mengetahui akan di bawa ke mana cerita ini. Alhasil saya menyelesaikannya dalam waktu yang relatif singkat, 3 jam :p

Pelajaran utama yang saya dapatkan dalam buku ini adalah, kita tidak berhak menilai seorang manusia, berdasarkan masa lalunya, karena manusia bisa berubah. Selain itu, sesulit apapun kita harus tetap berbuat baik, karena manusia diciptakan untuk berbuat baik. 😀

Berkenalanlah dengan Jean Valjean, Fantine, dan Cossette, maka anda akan setuju dengan paragraf sebelum ini 🙂

Written by Alderine

November 17, 2012 at 9:05 am

Posted in Buku dan Sastra

Leave a Reply

