alderine

Sepatah Kata

Skakmat

leave a comment »

Saat bermain catur, aku seringkali mengimajinasikan menjadi apa saja yang aku inginkan. Kadang menjadi anak kecil yang bermain petak umpet. Kadang menjadi kepiting yang berlindung dari pemakannya, tentu.

Sore ini aku membayangkan diri menjadi ikan. Ikan-ikan yang berenang dengan kawanannya. Bersama ratu yang lincah, gesit, dan partner setia. Sedang bidak-bidak lain hanya pengecoh, ikan-ikan lain yang berenang bersama.

Sore ini permainan tampak mulus di awal. Aku memegang warna putih. Aku memulai dengan menggerakkan satu pion di depan raja. Lalu membiarkan ratu melanglang buana ke sana ke mari. Menyisakan 3 pion, seekor kuda, seluncur daerah putih, sebuah benteng, dan ratu yang sedikit terpojok. Sedang aku hanya tertawan seekor kuda dan seluncur putih.

Sore ini aku hanyut pada ritme permainanku sendiri. Di bawah hujan yang mengeruhkan air sungai, aku berencana menawan semua ikan-ikan itu. Menyisakan raja yang kemudian bergerak kebingungan. Menyekolahkan pion agar ia menjadi segesit ratu. Nafsu tamak ingin menghabisi begitu kental.

Namun ternyata keadaan berubah. Tiba-tiba saat ratu pergi ke hadapanku, si raja. Aku masih belum berpindah, hanya menonton permainan sejak tadi. Ternyata ratu tak bergerak sendiri. Di belakangnya ada seluncur putih yang siap memakanku saat aku memakan ratu. Skakmat.

Seperti ikan yang lengah. Berenang ke sana ke mari memakan semua yang terlihat di depan mata. Merasa aman karena berada di antara arus-arus ikan lainnya. Namun tiba-tiba jaring itu datang, mengangkat aku dari sungai. Dan aku mulai megap-megap kehabisan nafas. Tidak bisa pergi lagi. Tertawan. Mati

15 Oktober 2012,
setelah Bandung disirami air hujan.

Lalu terpikir para gerombolan penjahat (mafia), samakah perasaan mereka? Merasa aman karena bersama-sama?

Written by Alderine

October 15, 2012 at 10:14 am

Posted in Prosa Prematur

Leave a Reply

