alderine

Sepatah Kata

Manipulasi

leave a comment »

Seorang saintis, terutama matematikawan dan fisikawan melakukan manipulasi matematis agar didapat persamaan yang menyatakan keadaan sekitar kita. Seorang insinyur bekerja dengan memanipulasi sistem. Entah memanipulasi siklus konversi energi menjadi sebuah pembangkit listrik bertenaga tinggi. Atau memanipulasi material, unsur dan senyawa kimia menjadi sebuah barang yang berguna. Atau memanipulasi paku-paku, mur, mesin, pipa, menjadi sebuah mesin yang menemani kehidupan kita sehari-hari. Atau memanipulasi gerak dan kerja elektron dalam desain elektronik.

Begitu juga seorang dokter, memanipulasi kondisi si pasien dengan memberi asupan obat-obatan, dengan harapan kondisinya membaik. Seorang petani memanipulasi kandungan zat hara dalam tanah dengan pupuk, dengan harapan panennya akan berlimpah. Seorang marketer memanipulasi impresi manusia terhadap produk yang sedang ia beri brand.

Kita semua, manusia, hidup di dunia dengan memanipulasi keadaan sekitar kita. Agar berjalan sesuai dengan keinginan kita. Lalu, mengapa manipulasi menjadi terdengar buruk?

Advertisements

Written by Alderine

August 6, 2012 at 7:48 am

Posted in Opini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: