alderine

Sepatah Kata

Lemah

leave a comment »

Selewat mendengar di radio, tentang seseorang yang polos kemudian di brainwash, agar melakukan hal-hal tertentu oleh pihak tertentu pula, setelah pihak tertentu ini melihat potensi yang dimiliki anak polos baik hati ini. Hmm.

Yaa memang hal yang biasa, terkadang kita yang memiliki kekuatan lebih tentu ingin menguasai, bukan? Seperti kata dosen saya, kebutuhan ke empat manusia: kekuasaan.

Sejujurnya saya pun pernah mengalami hal seperti itu, terbrainwash oleh pihak tertentu. Kebetulan pihak tertentunya ini personal sih, bukan pihak yang merujuk pada sekumpulan orang. Bila bisa membandingkan, jelas sebelum dan sesudah dicuci otaknya sangat jauh berbeda keadaannya. Hmm.

Ada keuntungan yang didapat dari pengalaman terbrainwash ini, yang jelas menjadi jauh lebih ekstrim skeptisnya. Jauh lebih berprasangka dengan orang lain. Hmm nggak segitunya juga sih, mungkin lebih tepatnya memperisai diri ketika ada orang yang masuk ke inner circle. Hmm.

Selain itu, saya jadi berasumsi kalau kelemahan itu sifatnya nggak tetap. Karena kalau kita sadar kelemahan kita apa, kita jadi bisa menyiasatinya jika dihadapkan pada kondisi ‘lemah’ suatu hari. Seperti kata pepatah, keledai pun nggak akan jatuh ke lubang yang sama.

Tapi ada yang tiba-tiba saya takutkan. Takut kalau suatu saat, orang-orang yang mengetahui titik lemah saya, — termasuk pihak yang pernah mencuci-otak saya dulu, menggunakan titik lemah saya kembali, hanya dengan cara yang lebih halus, lebih lembut, sehingga tidak disadari oleh saya. Hmm.

Ya, saya jauh lebih takut dengan orang yang sudah mengenal saya cukup jauh. Bukan dengan orang asing yang baru dikenal. Saya takut dengan orang yang mengetahui seluk-beluk saya, dan kemudian menggunakannya untuk kepentingan pribadi. Hmm.

Itulah salah satu kelemahan saya, yang saya akui paling lemah. Prasangka timbul seiring dengan kedekatan yang bertambah, bukan sebaliknya.

Tapi bagaimana dengan yang gagal dicegah, dan sudah terlanjur mengetahui kelemahan-kelemahan saya?

Insecure.

Written by Alderine

July 16, 2012 at 4:08 pm

Posted in Opini, Seputar Saya

Tagged with ,

Leave a Reply

