alderine

Sepatah Kata

Sejumput Cerita Tentang Pengelana dan Penjaga Mansion

leave a comment »

Aku hanya pengelana yang ingin bertualang, mencari jawaban atas segala keraguan. Seluruh manusia adalah temanku, –kuanggap seluruhnya sama, baik hati dan berbudi, tanpa pernah berprasangka. Sayangnya, seperti pengelana lainnya, aku tak memiliki kawan seperjalanan seumur hidup.

Sedang kau sebaliknya, layaknya seorang penjaga mansion. Kau begitu takut menerima tamu, membiarkan mereka duduk di teras, bahkan mengajak berbincang di luar pagar. Kau begitu takut rumahmu terinjak oleh orang yang kau anggap asing, bukan?

Namun, aneh, aku pun tidak mengerti mengapa kau membiarkan pengelana sepertiku, — yang hanya meminta minum, masuk ke mansionmu. Ah, mansion ini begitu menghipnotis dari luar, aura yang begitu kuat seperti mata sayu yang kesepian. Namun batinmu, ya, batinmu berteriak posesif, menyita seluruh waktu dan pikiranku. Memasung semangat pengembaraanku, yang tak juga membonsai, malah semakin mengakar kuat dan membesar tinggi dan lebar.

Maka jika kita dekat, kedekatan kita tentu sebuah paradoks. Aku yang pengembara, dan kau penjaga mansion. Aku yang berpindah-pindah, sedang kau yang tetap. Aku yang ingin pergi, sedang kau tertatih mengejar. Namun hakikatnya kau tak ingin mengejar, kau ingin menangkapku untuk tak pergi ke mana-mana, bukan?

Layaknya seorang pengelana yang lain, aku terbiasa dengan jarak. Sedang kau begitu rapat, mencekik kebebasanku berpikir dan berlaku dengan langkahmu yang menjejal. Temanku memang banyak, tapi tentu kau tahu dengan kemampuanmu memperbudak nafsu pengembaraanku, — bahwa aku tak memiliki seorang sahabat.

Maka kawan, kuputuskan saja di sini. Tetaplah menjaga mansionmu, berhati-hatilah menerima tamu, terkadang tamumu hanya sekedar mampir.
Dan biarkan aku berkelana, pengembaraanku belum usai. Suatu saat aku akan menemukan rumah persinggahan terakhir, — tapi itu bukan kau.

Written by Alderine

July 3, 2012 at 12:14 am

Posted in Prosa Prematur

Leave a Reply

